Kondisi yang menentukan jika penjualan/pembelian organisasi mendapatkan sebagian besar penghematan biayanya dari e-bisnis :
1. Jenis Usaha
Langkah awal, tentukan jenis usaha yang bisa mendatangkan uang, misalnya
menjual produk jasa, informasi, iklan, atau menjajakan produk orang
lain. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana persaingan
bisnis dan di mana penekanan bisnis Anda. Apakah Anda lebih mengutamakan
harga, kualitas, servis, atau selling point lainnya.
2. Nama komersial
Nama bagus biasanya pendek, mudah diingat, dan mencerminkan bisnis yang
digeluti. Prinsip sama berlaku pada bisnis online. Nama domain Anda
adalah nama yang akan dikenal di dunia maya. Jadi, pilihlah nama yang
mudah diingat, pendek, gampang diucapkan, dan sebisa mungkin mncerminkan
bisnis Anda agar konsumen akan mengingatnya, mengejanya dengan benar,
dan menuliskan di web browser mereka.
3. Sewa Tempat
Banyak website memberikan informasi mengenai cara membuat, mendesain,
dan memasang website di internet. Anda bisa membuatnya sendiri atau
menyewa orang lain untuk melakukannya. Anda juga harus memilih web hot
untuk menempatkan website Anda jadi “tuan tanah” alias pemilik domain
tepercaya. Anda pasti tak ingin kehilangan pelanggan karena “toko”
sering ditutup dalam rangka perbaikan, bukan? Web host yang bagus
menawarkan jaminan selalu buka, bisa mengatasi traffic pengunjung yang
padat, menjawab pertanyaan Anda dengan cepat, dan fasilitas menarik
lain.
4. Toko Segala Ada
Coba pikirkan apa yang akan Anda lakukan dengan toko offline? Anda akan
mendesain semenarik mungkin dan memudahkan konsumen menemukan yang
mereka cari. Toko online yang bagus akan menjadi tempat menyenangkan
untuk dijelajahi dan memberi kemudahan mencari barang yang diinginkan,
misal dengan fasilitas search engine atau mesin pencari.
Desain website harus mencerminkan image atau produk yang Anda jual.
Misalnya profesional, hip, upscale, dan lain-lain. Jika toko offline
menawarkan pengecekan barang, menerima pembayaran dengan kartu kredit
atau debet (transfer), dan punya kebijakan mengembalikan barang bila ada
kerusakan, maka toko online sedianya memberikan fasilitas-fasilitas
tersebut.
5. Gencar Promosi
Agar banyak dikunjungi, Anda perlu berpromosi. Misalnya, memasukkan web
ke search engine, berpromosi di iklan baris, dan undang orang lain untuk
masuk ke web Anda. Bisa juga dengan saling bertukar banner dengan web
lain atau dengan membeli space banner di web yang banyak pengunjung.
Jika ingin gratisan, cukup tulis alamat web di signature setiap mengirim
e-mail. Atau, Anda bisa ikut aktif dalam berbagai grup diskusi atau
forum dengan tak lupa menulis web signature.
6. Puaskan Pelanggan
Toko yang sukses pastinya memiliki customer service yang bagus. Nah,
agar toko online Anda bisa memuaskan konsumen atau pelanggan, berikan
berbagai fasilitas berupa informasi online, menjawab pertanyaan dengan
cepat, cara pemesanan dan pembayaran mudah, pengiriman cepat dan
menerima pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan.
Informasi dan barang harus selalu update, mempercantik website dan
selalu memerhatikan dari mana saja para pengunjung ini datang serta apa
yang mereka lakukan dengan website Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar